UPDATE COVID-19: Pasien Positif Kemungkinan Sudah Tidak Terinfeksi

TERKAIT pasien yang diumumkan positif Covid-19 tersebut, ketua Perhimpunan Dokter Umum Indonesia Cabang Nusa Tenggara Timur (NTT), Teda Littik, menjelaskan kemungkinan pasien tersebut tidak lagi terinfeksi karena sudah melewati waktu 27 hari. Seperti disampaikan dr. Littik kepada wartawan, Jumat (10/4/2020), saat melakukan siaran pers, di Ruang Humas dan Protokol Setda NTT.

Menurut Teda Littik, jika riwayat perjalanan pasien sama seperti pengakuannya dalam chanel youtube yang di unggah oleh pasien itu sendiri. Kemungkinan pasien tersebut melakukan kontak terakhir pada tanggal 13 Maret yang lalu, saat berada di Jakarta. Kemudian melakukan tes swab ketika mendapat informasi bahwa salah satu teman yang saat itu juga menghadiri kegiatan yang diikutinya di Jakarta itu dinyatakan positif Covid-19.

“Pasien pulang ke Kupang tanggal 22 Maret dan pada tanggal 27 Maret baru melakukan tes swab. Artinya setelah 14 hari dia melakukan kontak di Jakarta baru melakukan tes. Sehingga masih memungkinkan dia positif dan memang hasilnya positif. Kemudian tanggal 9 April hasil tesnya datang, berarti sudah 27 hari,” ungkap Teda Littik.

Setelah melihat video tersebut, Teda Littik menjelaskan tentang keadaan pasien yang dinyatakan positif Covid-19 itu. Walau belum pernah bertemu langsung dengan pasien, namun menurutnya pasien tersebut terlihat dalam kondisi baik.

“Kemungkinan besar pasien ini terinfeksi namun masuk dalam golongan ringan. Jadi, pasien dalam gejala ringan ini biasanya kemungkinan sembuh 90 persen atau 100 persen sembuh. Ada juga yang terinfeksi dengan gejala sedang. Dengan kemungkinan sembuhnya 30 persen yaitu sampai 14 hari setelah kontak, akan terbentuk sistem imunnya (anti bodi) dan setelah 14 hari orang tersebut tidak bisa lagi menularkan virus. Nah, ada juga 10 persen orang yang mengalami gejala berat dan biasanya 5 persen meninggal,” jelasnya.(HZN)

loading...

promoNTT.com

Next Post

UPDATE COVID-19: 43 Sampel Dikirim, 16 Masih Tunggu Hasil

Ming Apr 12 , 2020
KEPALA Biro Humas dan Protokol Setda Nusa Tenggara Timur, […]
error

Bagikan ke Teman

RSS
Follow by Email
Twitter
Instagram
%d blogger menyukai ini: