Hadapi Dampak Corona: Presiden Jokowi Terbitkan Perppu Anggaran

Menghadapi dampak wabah virus corona, presiden Joko Widodo menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) mengenai kebijakan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan untuk menyesuaikan kondisi perekonomian, Selasa (31/03).

Perppu ini memungkinkan pemerintah untuk mengambil langkah luar biasa dalam menjamin kesehatan masyarakat.

Dalam Perppu tersebut, pemerintah menambah anggaran sebesar Rp405,1 triliun untuk penanganan Covid-19. Dari angka itu, Rp75 triliun di antaranya akan digunakan untuk perlindungan tenaga kesehatan, terutama pembelian alat pelindung diri (APD), test kit, hingga ventilator.

Dalam konferensi pers yang ditayang pada chanel Youtube milik Sekretariat Presiden, Jokowi mengatakan, anggaran baru itu juga akan memungkinkan pemerintah memberi insentif kepada para dokter dan tenaga medis yang menangani wabah Covid-19.

Di luar kebutuhan kesehatan, anggaran baru yang muncul setelah penerbitan Perppu ini akan dialokasikan pemerintah untuk perlindungan sosial (Rp110 triliun) serta insentif perpajakan dan stimulus usaha rakyat (Rp70,1 triliun).

Sisanya, sebesar Rp150 triliun disebut Jokowi akan digunakan untuk pembiayaan program pemulihan ekonomi nasional, seperti restrukturisasi kredit dan penjaminan pembiayaan dunia usaha, terutama UMKM.

Menurut Jokowi, Perppu ini juga mencakup peringankan tagihan listrik masyarakat selama wabah Covid-19.

“Daya listrik 450 VA dengan 24 juta pelanggan akan digratiskan tiga bulan ke depan, yaitu April, Mei, Juni,” ujar Jokowi dalam konferensi pers tersebut.

“Sedangkan 900 VA yang dengan 7 juta pelanggan akan didiskon 50%. Artinya mereka hanya akan membayar separuh tagihan selama April, Mei, dan Juni,” ucapnya. (*)

promoNTT.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Update COVID-19: NTT Negatif, 609 ODP

Rab Apr 1 , 2020
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengupdate perkembangan kasus Covid-19. Melalui Kepala […]
error

Bagikan ke Teman

RSS
Follow by Email
Twitter
Instagram
%d blogger menyukai ini: