Dekrasnasda bersama Pemprov NTT Gelar Festival Tenun Ikat NTT

SEBANYAK 10.000 peserta akan meramaikan kegiatan akbar Festival Sarung dan Musik Nusa Tenggara Timur (NTT) di arena Car Free Day kota Kupang pada Sabtu, 2 Februari 2019.

Festival Tenun Ikat dan Musik NTT digelar Dekrasnasda NTT bersama Pemprov NTT. Para peserta terdiri atas 2.000 peserta dari perangkat daerah Provinsi NTT, 500 perangkat daerah Kota Kupang, 500 TNI/Polri, 500 peserta dari instansi vertikal, 500 orang dari organisasi wanita, 300 peserta dari kelompok etnis, sebanyak 700 peserta dari BUMD/BUMN, dan 5.000 peserta dari kalangan pelajar serta mahasiswa.

Festival yang mengangkat tema Sarung Tenun Ikat NTT Identitas Budaya, Pemersatu Bangsa itu akan digelar mulai pukul 06.00 hingga 10.00 WITA. Festival ini juga akan dimeriahkan dengan tarian massal Flobamora, seperti Gawi, Dolo-Dolo Jai, dan Tebe, yang ditampilkan oleh 1.800 pelajar .

Tak hanya itu, selama Festival Tenun Ikat NTT digelar, panitia juga menghadirkan bazar aneka makanan serba kelor dari UMKN, lalu ada instalasi tenun, paduan suara pelajar yang diikuti 2.000 orang, musik tradisional, serta olahraga bersarung.

Dalam kegiatan kali ini, peserta diwajibkan berbusana kaus putih dan sarung bahan tenun ikat asli NTT. Apabila yang datang tanpa sarung tenuh ikat asli NTT akan ditolak dan tidak diperbolehkan mengikuti kegiatan ini. Dari ajang festival ini diharapkan menjadi ajang tahunan dan dapat menjadi daya tarik pariwisata daerah. Sehingga tenun NTT semakin berkibar di kancah nasional dan internasional. Selain itu, kegiatan ini akan mendorong penetapan Hari Sarung Nasional.

promontt.com

Tinggalkan Balasan

Next Post

Danau Kelimutu Destinasi Favorit yang Harus Dikunjungi

Ming Mei 5 , 2019
Danau Kelimutu telah menjadi destinasi wisata favorit yang telah dikenal […]

Pos-pos Terbaru

} catch (err) { } }