loading...

Cara Menjumlahkan Kolom di Microsoft Excel

MICROSOFT Excel merupakan program pengolah data yang dapat diandalkan karena dapat melakukan berbagai tugas, salah satunya menjumlah data dalam kolom.

Microsoft Excel merupakan program pengolah data yang dapat diandalkan karena dapat melakukan berbagai tugas, salah satunya menjumlah data dalam kolom. Ada beberapa cara menjumlahkan kolom di Microsoft Excel dengan mudah yang dapat diikuti oleh pengguna.

Berikut cara menjumlahkan kolom di Microsoft Excel:

Metode pertama
Cara termudah untuk menjumlahkan kolom adalah dengan mengklik huruf di bagian atas kolom. Pengguna akan melihat bilah di kanan bawah spreadsheet berubah dan salah satu nilai yang akan ditampilkan adalah jumlahnya.

Metode kedua
Cara kedua untuk menjumlahkan kolom adalah dengan menggunakan fitur AutoSum. Ini lebih mudah untuk menyimpan data daripada metode pertama.

Untuk menggunakan fitur AutoSum, pilih sel di bawah kolom yang ingin dijumlahkan > navigasikan ke tab Home dan temukan grup Editing > klik pada fungsi AutoSum > tekan Enter untuk melihat jumlah.

Metode ketiga
Pengguna juga dapat menggunakan fungsi Sum secara manual. Ini adalah metode yang lebih mudah jika pengguna hanya ingin menambahkan beberapa sel di kolom.

Untuk menggunakan rumus Sum secara manual, pilih sel tempat munculnya jumlah > tuliskan rumus =SUM( > pengguna dapat memasukkan sel secara manual dan memisahkannya dalam rumus dengan tanda koma atau menyorot rentang sel yang dibagi oleh titik dua.

Setelah memilih sel yang ingin dijumlahkan, tutup tanda kurung. Kemudian tekan enter untuk melihat jumlahnya.

Metode keempat
Cara terakhir ini untuk menjumlahkan kolom dalam Excel paling mudah jika pengguna berencana untuk menyajikan data. Pertama, sorot kolom dan tekan Ctrl+T pada keyboard untuk memformat rentang sel ke dalam Tabel Excel.

Pengguna akan melihat tab Design muncul > buka tab dan centang kotak Total Row > baris baru akan muncul di akhir tabel pengguna dengan nilai di akhir setiap kolom. Pilih sel di dasar kolom yang ingin pengguna jumlah untuk memunculkan menu dropdown > Buka menu dropdown dan pilih opsi SUum untuk melihat hasil total.

Beberapa metode di atas merupakan cara menjumlahkan kolom di Microsoft Excel yang bisa dilakukan pengguna dengan muda. (*/NET)

loading...

promoNTT.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Rencana Semau Gabung Kota Kupang: Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Kam Jul 9 , 2020
RENCANA wilayah Kecamatan Semau dan Kecamatan Semau Selatan Kabupaten Kupang yang akan […]

Baca Juga:

error

Bagikan ke Teman

RSS
Follow by Email
Twitter
Instagram
%d blogger menyukai ini: